Geographic Information Systems : Digitasi Peta Raster Menggunakan Polyline

Sistem Informasi Geografis. Berikut adalah tutorial digitasi dari peta raster menggunakan Polyline.
  1. Siapkan file peta yang akan di digitasi, disini saya akan menggunakan peta jogja.jpg
  2. Download file ekstensi yang nantinya akan digunakan, utamanya adalah Edit Tools(ver3.1) dan MNDR Stream Digitizing Extension. Apabila kesulitan dalam menemukan ekstensi tersebut, silahkan download kumpulan ekstensi disini.
  3. Copy kan file ekstensi tersebut pada direktori EXT32, disini direktori saya berada pada C:\ESRI\AV_GIS30\ARCVIEW\EXT32. Apabila ada peringatan file yang sama sudah ada, silahkan pilih skip atau copy and replace. 
  4. Buka aplikasi ArcView, disini saya menggunakan ArcView GIS 3.3
  5. Lalu aktifkan file ekstensi yang sudah dicopykan tadi, caranya klik File -> Extensions... lalu akan muncul jendela ekstensi, dan beri tanda check pada Edit Tools(ver3.1) dan MNDR Stream Digitizing Extension lalu klik OK.
  6. Buat project baru, klik new.
  7. Masukkan peta yang akan di digitasi, klik view -> add theme lalu cari direktori dimana peta tersebut disimpan. Karena file petanya berupa .jpeg, jangan lupa Data Source Types dipilih Images Data Source lalu klik OK

    Setelah file peta sudah masuk lalu beri tanda check agar peta dapat dilihat.
  8. Buat theme baru View -> New Themes lalu pada Feature type: pilih Line -> OK lalu simpan (agar tidak repot saat mencari untuk nantinya lebih baik disimpan jadi satu dengan peta)
  9. Langkah selanjutnya adalah digitasi, caranya pada menu bar diatas pilih “Open Strem Digitize Form” lalu akan muncul jendela baru seperti berikut. Dan lakukan digitasi dengan menggunakan mouse, gambar mengikuti bentuk daerah yang akan di digitasi.

    Hasil peta yang sudah di digitasi.
  10. Jika proses digitasi sudah selesai, klik “Initialize ET” pada menu bar, jika ada pesan error, maka pilih klik View -> properties, lalu pada Map Units pilih decimal degrees klik OK. Coba lagi klik “Initialize ET” pada menu bar. Jika berhasil akan muncul jendela baru dan pilih Edit Theme, lalu akan muncul cendela seperti berikut.
    Pilih Clean dan akan muncul jendela baru

    Lalu pilih Intersect, jika proses sudah selesai lalu pilih Analyze
    Apabila muncul titik merah, itu menandakan perpotongan garis yang kurang tepat
  11. Untuk memperbaiki perpotongan gunakan menu “Show Edit Tools”

    Lakukan editing dengan menggunakan tools yang tersedia sampai titik merah hilang semua.

    Jika sudah benar, coba ulang langkah 10 untuk mengetahui apakah masih ada titik merah. Jika tidak, langsung menuju langkah selanjutnya.

  12. Lalu klik Build Polygon dan sudah selesai

semoga bermanfaat ^_^

        oleh Dwi Susila Putra / 10.11.3646/ GIS 7
D

Comments

Popular posts from this blog

Cheat Call Of Duty Modern Warfare 2 (COD MW2 PC) PC

Pendaftaran SIM Online di Polres Bantul